Bagaimana cara mengobati pleuritis yang perlu Anda Ketahui

Image result for Pleuritis hellosehat

Pleuritis adalah peradangan selaput paru-paru. Tingkat keparahan kondisi dapat berkisar dari ringan hingga yang mengancam jiwa. Karena banyak kasus yang ringan dan menyelesaikan sendiri tanpa pengobatan, sulit untuk memperkirakan berapa banyak orang yang menderita Pleuritis di seluruh dunia.

Gejala

Gejala utama Pleuritis adalah rasa sakit yang tajam, menusuk, atau sakit yang konstan di dada. Rasa sakit bisa timbul pada satu atau kedua sisi dada, bahu, dan punggung. Ini akan sering menjadi lebih buruk dengan gerakan bernafas. Gejala lain termasuk Sumber yang Dipercaya:

  • napas pendek, atau napas pendek dan cepat
  • batuk
  • penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan
  • detak jantung yang cepat

Pleuritis sering disebabkan oleh infeksi virus. Dalam kasus ini, gejalanya juga termasuk:

  • sakit tenggorokan
  • demam
  • panas dingin
  • sakit kepala
  • nyeri sendi
  • Nyeri otot

Diagnosa

Dokter Anda akan mulai dengan menanyakan tentang riwayat kesehatan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk memeriksa dada Anda dengan stetoskop. Untuk menentukan apakah Anda menderita Pleuritis, dokter Anda mungkin merekomendasikan:

Tes darah. Tes darah dapat memberi tahu dokter Anda jika Anda memiliki infeksi. Tes darah lainnya juga mungkin mendeteksi gangguan autoimun, seperti rheumatoid arthritis atau lupus, di mana tanda awalnya adalah Pleuritis.

Rontgen dada. X-ray dada dapat menunjukkan apakah paru-paru Anda sepenuhnya menggembung atau jika ada udara atau cairan antara paru-paru dan tulang rusuk. Dokter Anda mungkin merekomendasikan jenis rontgen dada khusus tempat Anda berbaring miring (rontgen dada dekubitus).

Pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT). Dalam CT scan, komputer menerjemahkan informasi dari sinar-X menjadi gambar-gambar bagian tipis (irisan) dada Anda, menghasilkan gambar yang lebih detail. CT scan dada dapat menunjukkan apakah ada gumpalan darah di paru-paru atau menemukan penyebab nyeri pleuritik lainnya.

Ultrasonografi. Metode pencitraan ini menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menghasilkan gambar struktur yang tepat dalam tubuh Anda. Dokter Anda mungkin menggunakan USG untuk menentukan apakah Anda memiliki efusi pleura.

Elektrokardiogram (EKG atau EKG). Dokter Anda mungkin merekomendasikan tes pemantauan jantung ini untuk menyingkirkan masalah jantung tertentu sebagai penyebab nyeri dada Anda.

Prosedur diagnostik

Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin mengeluarkan cairan dan jaringan dari ruang pleura untuk pengujian. Prosedur mungkin termasuk:

Thoracentesisesis. Untuk menghilangkan cairan untuk analisis laboratorium, dokter Anda mungkin menyarankan thoracentesis. Dalam prosedur ini, dokter menyuntikkan anestesi lokal di antara tulang rusuk Anda ke area di mana cairan terlihat pada studi pencitraan Anda. Selanjutnya dokter Anda memasukkan jarum melalui dinding dada di antara tulang rusuk Anda untuk mengeluarkan cairan untuk analisis laboratorium. Dokter Anda mungkin memasukkan jarum dengan bantuan panduan USG.

Thoracoscopy atau pleuroscopy. Jika TBC atau kanker diduga sebagai penyebab kondisi Anda, dokter Anda mungkin melakukan prosedur yang memungkinkan visualisasi langsung di dalam dada Anda untuk mencari kelainan atau mendapatkan sampel jaringan (biopsi) jika diperlukan.

Pengobatan

Perawatan yang digunakan dalam Pleuritis dan efusi pleura fokus terutama pada penyebab yang mendasarinya. Misalnya, jika pneumonia bakteri adalah penyebabnya, antibiotik akan mengendalikan infeksi. Jika penyebabnya adalah virus, Pleuritis akan sembuh dengan sendirinya. Hasil pengobatan Pleuritis tergantung pada keseriusan penyakit yang mendasarinya. Jika kondisi yang menyebabkan Pleuritis didiagnosis dan diobati dini, pemulihan penuh adalah tipikal.

Gaya hidup dan pengobatan rumahan

Langkah-langkah berikut dapat membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan Pleuritis:

Minum obat. Minum obat-obatan seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, orang lain) yang diperlukan untuk menghilangkan rasa sakit dan peradangan.

Beristirahatlah yang banyak. Temukan posisi yang paling sedikit membuat Anda tidak nyaman dan cobalah untuk tetap berada di dalamnya. Bahkan ketika Anda mulai merasa lebih baik, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan.

Anda mungkin akan mulai dengan menemui dokter keluarga Anda. Namun, ketika Anda menelepon untuk mengatur janji temu, Anda mungkin diminta untuk segera mencari perawatan medis jika Anda mengalami nyeri dada yang parah dan tidak dapat dijelaskan. Berikut ini beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap untuk janji temu Anda, dan apa yang diharapkan dari dokter Anda.

Apa yang bisa Anda lakukan

Catat semua gejala, termasuk di mana nyeri dada Anda mulai dan seberapa jauh itu menyebar. Catat juga gejala terkait, seperti demam, sesak napas, dan penurunan berat badan.

Tuliskan semua informasi medis utama, termasuk perawatan di rumah sakit baru-baru ini, obat-obatan, vitamin atau suplemen yang Anda gunakan, dan segala kondisi medis yang Anda miliki. Perhatikan juga apakah ada anggota keluarga – terutama anak-anak – atau teman dekat yang baru saja sakit.

Tuliskan semua informasi pribadi utama, termasuk perjalanan ke luar negeri baru-baru ini dan perubahan besar dalam kehidupan. Dokter Anda mungkin juga tertarik dengan riwayat pekerjaan Anda, termasuk kemungkinan paparan lingkungan terhadap asbes.

Bawalah anggota keluarga atau teman, jika mungkin, untuk membantu Anda mengingat pertanyaan yang harus diajukan dan apa yang dikatakan dokter Anda.

Sumber :

https://www.medicalnewstoday.com

https://www.mayoclinic.org

sumber gambar

https://hellosehat.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>